let's coloring our LIFE with STATISTIC

Senin, 31 Desember 2012

ESSAY STATISTIKA


PENDAHULUAN

Tahun 2012 ini merupakan masa -  masa krusial dimana peulis sedang beradaptasi dari lingkungan Sekolah Menengah Atas ( SMA ) menuju ke lingkungan mahasiswa di sebuah universitas. Di masa – masa perubahan lingkungan ini penulis menemukan banyak perbedaan antara di Sekolah Menengah Atas ( SMA ) dengan universitas. Mulai dari cara belajar, lingkungan pergaulannya, hingga cara berpikirnya. Berikut ini penulis akan memaparkan beberapa hal tentang jurusan yang penulis pilih, yaitu “STATISTIKA”.

Tanpa kita sadari, sebenarnya dari kecil pun kita sudah mengenal statistika. Yaitu pada saat kita mengukur tinggi badan dan menimbang berat badan. Selain itu kita juga tidak sadar jika kita telah melakukan penelitian dalam kehidupan sehari – hari. Misalnya saat kita akan membeli suatu barang, kita pasti meneliti bagaimana kualitasnya dan membandingkan harganya di beberapa toko. Begitu juga saat kita memilih pasangan, kita menganalisis karakter apa yang harus ada dalam diri pasangan kita, dan membandingkannya dengan beberapa orang. Namun hal – hal yang kita alami setiap hari tersebut berbeda dengan yang akan kita alami di universitas sebagai mahasiswa. Karena kita sekarang telah menjadi manusia yang dewasa, kita harus menyikapi cabang ilmu tersebut dengan lebih berpikir secara ilmiah.

Dalam dunia kerja pun statistika tidak kalah saing dengan bidang – bidang lainnya. Karena statistika banyak diterapkan dalam berbagai ilmu, tidak hanya dalam bidang sensus penduduk saja yang selama ini dikenal oleh sebagian masyarakat. Selain itu, setelah mempelajari ilmu statistika nanti, penulis juga mengharapkan mempunyai kemampuan lebih dalam bidang tersebut, tidak hanya kemampuan akademik, namun secara tidak langsung orang yang mempelajari statistika juga akan memperoleh kemampuan non akademik. Karena mempelajari data – data itu bagi penulis sangat menarik.


Perumusan Masalah
Dari pendahuluan yang telah dipaparkan sebelumnya oleh penulis, dapat dirumuskan masalah antara lain :
1.     Hal – hal apa saja yang membuat penulis tertarik memilih jurusan statistika ?
2.     Apa saja kemampuan yang diharapkan dapat diperoleh setelah mempelajari ilmu statistika ?
3.     Dimana saja peluang kerja yang dapat diraih setelah mempelajari ilmu statistika ?

Mungkin jika kita dapat menjawab beberapa pertanyaan tersebut, kita dapat lebih mengetahui tentang jurusan statistika.

Tujuan Penulisan
Penulis menyusun essay ini dengan beberapa tujuan, antara lain :
1.     Mengetahui hal – hal yang membuat penulis dan mungkin beberapa mahasiswa tertarik memilih jurusan statistika.
2.     Mengetahui kemampuan apa saja yang diperoleh setelah mempelajari ilmu statistika.
3.     Menemukan dimana saja peluang kerja yang dapat ditembus oleh para statistisi.


PEMBAHASAN

Landasan Teori
Statistika adalah sebuah cabang ilmu dimana kita dapat mempelajari hal – hal yang berhubungan dengan data. Mulai dari bagaimana cara mengumpulkannya, mengolahnya, cara menganalisisnya, hingga kita dapat menarik sebuah kesimpulan untuk membuat keputusan yang bermanfaat dalam hidup kita. Secara teori, statistika dibagi menjadi 2 macam yaitu statistika deskriptif dan statistika induktif. Jika statistika deskriptif mempelajari tentang bagaimana caranya mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data, statistika induktif juga demikian. Namun perbedaannya, statistika induktif juga mempelajari tentang bagaimana caranya menarik kesimpulan dan mengambil sebuah keputusan dari penelitian yang telah kita lakukan.

Istilah statistika berbeda dengan statistik, jika statistika adalah ilmu yang mempelajari berbagai cara mengolah data, statistik adalah data atau informasi hasil dari penelitian. Data – data tersebut terwujud dalam berbagai macam bentuk, di antaranya ada dalam bentuk tabel, grafik, diagram, simpangan baku, dan masih banyak lagi yang lainnya.

1. Alasan Mahasiswa Tertarik Memilih Jurusan Statistika
Mungkin beberapa mahasiswa menganggap mempelajari statistika adalah sebuah momok yang menakutkan. Hal itu karena mereka terbawa cara berpikir mereka sejak kecil bahwa semua yang berhubungan dengan pelajaran matematika yaitu tentang hitung - menghitung merupakan pelajaran yang paling sulit. Namun tidak untuk mereka yang berpikir  ke depan. Berpikir bahwa di zaman masa depan semua teknologi harus semakin maju dan mahasiswa – mahasiswa yang memilih jurusan statistika inilah yang ingin menjadi salah satu orang yang dapat mengembangkan teknologi di tanah air tercinta ini, bahkan mungkin hingga tingkat dunia.

Mereka tertarik untuk bermain dengan data – data yang dianggap sebagian orang mungkin membingungkan. Karena mereka sadar bahwa data – data itu pasti akan sangat berguna bagi kepentingan orang banyak. Mulai dari mengumpulkan data dari berbagai macam sumber, kemudian mengolah dan menganalisisnya, dan hingga akhirnya menginterpretasikan serta menarik kesimpulan dari data – data hasil penelitian tersebut. Dengan mempelajari statistika secara tepat , kita tidak akan tertinggal dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Karena setiap munculnya ilmu dan teknologi baru pada umumnya teknologi tersebut ada hubungannya dengan statistika.

Statistika membuat semuanya menjadi lebih praktis dan efisien. Dikatakan demikian karena semua teknologi maju yang bermunculan satu persatu merupakan hasil dari penelitian. Dan dalam setiap penelitian tersebut pasti ada kaitannya dengan ilmu statistika. Hingga beberapa orang menganggap bahwa kesuksesan sebuah negara maju salah satunya dilihat dari keberhasilannya dalam menerapkan ilmu statistika dalam berbagai bidang, termasuk dalam meyelesaikan masalah – maslah negara  termasuk tentang pembangunan. Salah satunya Jepang misalnya, negara tersebut berhasil mengkombinasikan anatara ilmu statistika dengan ilmu lainnya, salah satunya adalah ilmu ekonomi. Mereka menghasilkan produk – produk berkualitas yang pasti diimbangi dengan strategi pemasaran yang handal. Dan tidak hanya dalam mengembangkan ilmu teknologi saja, statistika juga memajukan sistem yang ada di pemerintahan, seperti dalam sistem pemilu “Quick Count”.

2. Manfaat Mempelajari Ilmu Statistika
Dari berbagai sumber yang penulis ketahui, baik di lingkungan secara nyata maupun secara teori, ternyata banyak sekali manfaat yang didapat dari mempelajari ilmu statistika. Baik manfaat secara akademis, maupun non akademis yang sering tidak kita sadari dalam kehidupan sehari – hari.

Secara akademis, setelah mempelajari ilmu statistika yang pasti kita dapat menguasai ilmu statistika secara teoritis seperti yang akan diajarkan di universitas pada semester – semester awal. Sehingga kita dapat menguasai bagaimana cara mengumpulkan data, kemudian mengolah dan mengaanalisisnya, hingga menarik kesimpulan untuk mengambil keputusan yang berguna bagi orang banyak. Selain itu, kita juga bisa memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan dengan menggunakan data – data yang ada pada masa lalu. Dengan berbagai teori – teori yang akan kita dapat di bangku kuliah, kita juga dapat lebih teliti dalam mengolah data terutama dalam menarik kesimpulan. Sehingga kita dapat melakukan perencanaan penelitian terhadap sesuatu masalah dan untuk menambah prestasi kita dapat mensertakannya dalam berbagai lomba, tidak hanya dalam bidang statistika saja. Dalam menyampaikan hasil analisis data, kita juga dituntut dalam berkomunikasi, bagaimana cara kita menjelaskan hasil penelitian sehingga masyarakat yang dituju dapat percaya dengan hasil penelitian yang kita jelaskan, selain itu kemampuan berkomunikasi dalam keperluan saling bertukar informasi dengan kelompok lain, dan masih banyak lagi.

Sedangkan secara non akademis, banyak kemampuan yang dapat kita peroleh setelah mempelajari ilmu statistika. Dalam kehidupan sehari – hari, salah satu contoh saat kita akan membelanjakan uang kita, kita menghitung berapa sebaiknya uang yang kita keluarkan untuk belanja pada bulan ini. Begitu pula jika kita menjadi pedagang, dengan mengamati jumlah pembeli yang datang, kita dapat menentukan berapa produk yang harus kita jual dan menghitung untung dan rugi menjual barang tersebut. Selain itu dalam dunia industri, dengan ilmu statistika dapat mengetahui perlu tidaknya menambah produk atau memperluas cabang dengan mempertimbangkan untung dan ruginya.

Kemudian secara psikis, secara teori seseorang yang mempelajari ilmu statistika akan timbul rasa empati terhadap orang lain dan mereka dapat memotivasi diri mereka sendiri yaitu dengan mengevaluasi hal – hal yang telah terjadi, karena dia dapat memperkirakan ke depannya bagaimana, dia memiliki strategi agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dan menjadi manusia yang lebih baik lagi.

3. Peluang Kerja Setelah Mempelajari Ilmu Statistika
 Setelah mengetahui bahwa ilmu statistika dapat diterapkan dalam berbagai bidang, peluang kerjanya pun juga cukup banyak. Dari mulai bekerja di tingkat pemerintahan sebagai pegawai negeri hingga menciptakan lapangan kerja sendiri yang dapat membantu mengurangi pengangguran yang semakin meningkat.

Untuk lulusan statistika sendiri terdapat bagiannya sendiri yang pada umumnya dituju yaitu di Badan Pusat Statistik ( BPS ). Yaitu Lembaga Pemerintah Non Departemen yang menyediakan data statistik dasar baik untuk pemerintah maupun untuk masyarakat luas. Selain itu, di Badan Pusat Statistik ( BPS ) juga melakukan kegiatan sensus penduduk setiap 10 tahun sekali. Selain di BPS pun, lulusan statistika juga dapat memasuki sektor pemerintahan, karena semua bagian pasti memerlukan statistikawan dalam mengolah berbagai data. Seperti halnya di Diknas dan Departemen Keuangan.

Selain di sektor pemerintahan, kita juga bisa bekerja di beberapa perusahaan swasta. Beberapa di antaranya ada di PT KAI, PT PLN, PT GAS dan masih banyak lagi. Di bidang akademik pun juga bisa, yaitu dengan menjadi seorang dosen di sebuah perguruan tinggi atau di bidang riset seperti LIPI dan BPPR. Serta di bidang industri, beberapa contohnya terdapat di bidang telekomunikasi, penerbitan, hingga semua yang berhubungan dengan teknlogi. Namun dari semua peluang kerja ini, yang paling mulia dan menunjukan kualitasnya sebagai seorang mahasiswa lulusan statistika adalah membuka lapangan pekerjaan sendiri, dengan mendirikan perussahaan sendiri, diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan dapat membantu sesama yaang sedang dalam status pengangguran.


PENUTUP

Kesimpulan
Dari pendahuluan dan pembahasan yang telah dipaparkan sebelumnya oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa :
1.                Peran statistika sangat penting dalam kehidupan, sehingga menarik untuk dipelajari. Mengikuti perkembangan ilmu teknologi, itu salah satu alasan kita belajar statistika.
2.                Cukup banyak manfaat mempelajari statistika dalam kehidupan, dari kemampuan akademis maupun non akademis, hingga efek secara psikis orang tersebut.
3.                Meskipun belum banyak universitas yang memiliki jurusan statistika di salah satu program studinya, tidak berarti menutup peluang kerja lulusan statistika. Dalam kenyataannya, statistika dapat direalisasikan dalam berbagai bidang, sehingga lapangan kerja pun juga cukup banyak yang membutuhkan statistikawan.

Saran
Dengan adanya essay ini, semoga para calon statistikawan dapat mempelajari dan memahami ilmu statistika dengan baik dan tepat, dan segera dapat merealisasikan dalam kenyataaan, tidak hanya teori belaka.

1 komentar: